Saturday, July 30, 2016

Filled Under:

kUARTIL, DESIL, PRESENTIL

A.    Pemahaman Konsep

1.                  Kuartil adalah nilai atau data yang membagi serangkaian data (distribusi frekuensi) yang telah diurutkan  menjadi empat bagian yang bernilai sama besar, yaitu masing-masing bagian bernilai ¼ N.
2.                  Kegunaan kuartil yang berkaitan dengan kurva adalah untuk mengetahui keadaan kurva apakah simetris atau asimetris. Untuk menentukan hal tersebut dapat ditentukan berdasarkan indikator berikut :
a.       Jika Q3 – Q2 = Q2 – Q1, maka kurva dalam keadaan simetris (normal)
b.      Jika Q3 – Q2 Q2 – Q1, maka kurva dalam keadaan miring ke kiri (positif)
c.       Jika Q3 – Q2  Q2 – Q1, makakurva dalam keadaan miring ke kanan (negatif)

3.                  Desil merupakan nilai atau data yang membagi serangkaian data yang telah diurutkan menjadi sepuluh bagian yang sama besar, yaitu masing-masing bagian sebesar 1/10 N. Jadi, dalam suatu rangkaian data terdapat sembilan desil yaitu : D1, D2, D3, D4, D5, D6, D7, D8, dan D9.
4.                  Desil berguna untuk menggolongkan serangkaian data ke dalam sepuluh bagian yang sama besar kemudian menetapkan kriteria tertentu kedalam bagian-bagian tersebut sehingga mempermudah penelitian.
Contoh :
Dari serangkaian data nilai statistik mahasiswa pendidikan ekonomi yang telah dihitung nilai desilnya dapat ditetapkan kriterianya sebagai berikut :
Bagian ke-1 (D1) = mahasiswa dengan nilai tingkat A
Bagian ke-2 (D2) = mahasiswa dengan nilai tingkat A-
Bagian ke-3 (D3) = mahasiswa dengan nilai tingkat B+
Bagian ke-4 (D4) = mahasiswa dengan nilai tingkat B-
Bagian ke-5 (D5) = mahasiswa dengan nilai tingkat C, dst sampai bagian ke-10.

5.                  Presentil merupakan nilai atau data yang membagi serangkaian data (distribusi frekuensi) ke dalam seratus bagian yang sama besar, yaitu masing-masing bagian bernilai 1/100 N. Nilai, P50 = D5 = Q2 = median. Karena sama-sama membagi serangkaian data menjadi dua bagian yang sama besar.
Kegunaan Presentil :

1.        Menggolongkan serangkaian data ke dalam seratus bagian yang sama besar kemudian menetapkan kriteria tertentu pada setiap bagian sehingga mempermudah penyajian data baik dalam bentuk grafik, tabel, poligon, ogive dll.
2.        Presentil juga bisa digunakan untuk menentukaan presentase data berdasakan bagian-bagian yang telah terbagi menjadi seratus.
3.        Presentil dapat digunakan untuk menentukan kedudukan seorang anak didik yaitu pada presentil keberapakah anak didik itu memperoleh kedudukan ditengah-tengah kelompoknya.
4.        Presentil juga dapat digunakan sebagai alat ukur menentukan/menetapkan nilai batas lulus pada tes atau seleksi.



0 komentar:

Post a Comment